Minggu, 15 Maret 2009

MENGETIK CEPAT

MENGETIK CEPAT

Saat ini mengetik cepat dengan menggunakan sepuluh jari sudah menjadi barang langka, berkurangnya pemakai key board dengan sepuluh jari, dan menguasai dengan baik ini mulai terasa sejak bergesernya mesin tik manual ke komputer.

sebelum tahun 90 an hampir semua lembaga pendidikan, khususnya kejuruan yang berhubungan dengan administrasi perkantoran semuanya mengandalkan mesin ketik sebagai sarana praktik, karena hampir 20% pekerjaan kantor merupakan pekerjaan mengetik (The Liang Gie, 1998: 36). atas pertimbangan tersebut, maka praktek bagi peserta pelatihan difokuskan pada mata latih mengetik.

Mengetik cepat dengan menggunakan sepuluh jaripun selalu ditekankan agar peserta latih memiliki kemampuan mengetik dengan cepat, untuk mengevaluasi kegiatan tersebut, hampir setiap hari peserta latih diberikan test mengetik berupa kecepatan dan ketelitian. Target kecepatan dan ketelitian ditetapkan pada setiap jenjang pelatihan. Sebagai contoh untuk pelatihan sekretaris ditetapkan kecepatan mengetik adalah 325 hpm (hentakan permenit). Demikian pula dengan ujian praktek mengetik yang dilakukan oleh Lembaga Pendidikan Luar Sekolah yang Diselenggarakan oleh Masyarakat (PLSM) Departemen Pendidikan. Jenjang pendidikan luar sekolah khususnya untuk ketrampilan mengetik dibuat berjenjang dengan kemampuan berjenjang pula, yang salah satu indikatornya adalah kecepatan dan ketelitian.

Perlu disadari, bahwa input data merupakan bagian terpenting dari pengoperasian sebuah komuter, maupun pembuatan suatu program. Keterlambatan dalam menginput data, merupakan kelambatan dalam menyelesaiakan tugas-tugas yang berkaitan dengan komputer. Data menunjukkan bahwa dari sekian peserta uji kompetensi komputer, sebagian besar kegagalan peserta latih adalah kelambatan dalam input data.

Yang menjadi persoalan sekarang adalah: "akankah kemampuan mengetik sepuluh jari dengan kecepatan tertentu dan ketelitian tertentu akan musnah"?

Komputer khususnya program pengolah kata (word proccessing) sebenarnya telah menyediakan fasilitas autocorect yang sangat membantu operator untuk dapat mengetik cepat, taruhlah operator tidak menguasai keyboard dengan sepuluh jari, tetapi dengan membuat singkatan pada fasilitas autocorect operator dapat meningkatkan kecepatan mengetiknya, tentunya hal ini harus dibiasakan.

Trik di bawah ini dapat membantu anda untuk dapat menguasai kyeboard dengan baik, telebih apabila anda mampu mengkombinasikan dengan fasilitas autocorect pada program microsoft Word. langkah yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:
Selalu tempatkan jari anda di rumah jari, perhatikan setiap keyboard sudah dirancang dengan tanda khusus pada huruf F dan J, hal itu menunjukkan bahwa jari telunjuk anda harus selalu di posisi tersebut
Bila anda telah menempatkan telunjukk kiri pada huruf Fdan telunjuk kanan pada huruf J otomatis semua jari akan mengikuti, temasuk ibu jari anda pasti pada posisi space Bar
Latih dengan baik setiap gerakan, apabila anda ingin mengetik huruf a, berarti kelingking kiri anda yang harus digerakkan, huruf s berarti jari manis kiri anda yang harus digerakkan dan seterusnya
Untuk melatih jari anda kerjakan latihan berikut dan buat hingga 50 baris: asdf ;lkj asdf ;lkj asdf ;lkj asdf ;lkj asdf ;lkj asdf ;lkj asdf ;lkj
anda jangan sekalipun menghafal huruf tersebut, tetapi gerakkanlah secara urut dari kelingking ke ibu jari mulai tangan kiri dan kanan anda, tanpa anda sadari bila gerakan anda benar, hasil yang anda perolehpun akan benar.
bila rumah jari tersebut sudah benar-benar anda kuasai, tambahlan selangkah, dengan mengkombinasikan huruf yang ada di rumah jari dengan satu huruf di atasnya, misalnya aqsdf ;plkj (huruf q dan p adalah tugas kelingking
lanjutkan dengan menguasai tuts-tutus yang lain

Bila kita perhatikan dengan seksama, sebenarnya setiap jari anda, hanya mempunyai tugas berkisar 3 - 5 huruf, sehingga tidak mustahil bila dalam waktu kurang dari seminggu semua huruf yang ada di keyboard tersebut dapat anda kuasai dengan baik.

Perincian selengkapnya tugas jari adalah sebagai berikut:

Tangan Kanan

Kelingking: ; p .

manis: l o ,

tengah: kim

telunjuk (yang paling banyak tugasnya): juyhn

Ibu jari: spasi

TANGAN KIRI

kelingking: aqz

manis: swx

tengah: dec

telunjuk: frtgvb

ibu jari: spasi

Untuk pengetikan nomor sementara anda abaikan, karena ada latihan khuus untuk menguasai nomeric keypad

SELAMAT MENCOBA, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut